Imunisasi BCG

Definisi Imunisasi
Imunisasi termasuk salah satu jenis usaha memberikan kekebalan kepada anak dengan memasukan vaksin ke dalam tubuh guna membuat zat anti untuk mencegah terhadap penyakit tertentu.

Definisi imunisasi BCG
Imunisasi BCG (basillus calmette guerin) adalah imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit TBC yang berat.  

Jumlah pemberian imunisasi BCG
Vaksin BCG cukup diberikan 1 kali tidak perlu pengulangan. Sebab, vaksin ini berisi kuman hidup, sehingga antibodi yang dihasilkannya sangat tinggi berbeda dengan vaksin yang berisi kuman mati memerlukan pengulangan.

Usia pemberian imunisasi BCG
Imunisasi BCG bisa diberikan ketika anak masih berusia di bawah 2 bulan. jika baru diberikan setelah usia 2 bulan, maka disarankan untuk melakukan mantoux (tuberkulin) dahulu untuk mengetahui apakah anak sudah kemasukan kuman Mycrobacterium tubercullosis atau belum.

Lokasi penyuntikan
Menurut anjuran yang disampaikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) bagian tubuh yang disuntik ialah lengan kanan atas. Dosis yang digunakan untuk anak < 1 tahun adalah 0,05ml.



Efek samping
Biasanya imunisasi BCG tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi pada beberapa anak timbul pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak atau leher bagian bawah. Namun efek samping tersebut biasanya sembuh dengan sendirinya.

Tanda keberhasilan 
Tanda keberhasilan imunisasi BCG salah satunya adalah muncul bisul kecil dan nanah didaerah bekas suntikan setelah 4-6 minggu, tidak menimbulkan nyeri dan tidak diiringi panas, bisul dapat sembuh dengan sendirinya dan meninggalkan luka parut.


Kontraindikasi
Imnusasi BCG tidak dapat diberikan pada anak yang menderita penyakit TB atau menunjukkan mantoux positif.

Daftar Pustaka
Fida dan Maya, 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak.Yogjakarta : D-Medika 

Comments

Popular posts from this blog

Persalinan kala I, kala II, kala III, dan kala IV

Imunisasi Hepatitis B dan Imunisasi DPT

Biang Keringat dan Radang Tenggorokan