RPP KTSP kelas 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : ..................................................
Kelas /semester           : II/I
Tema/Subtema/PB      : 1. Hidup Rukun/1.Hidup Rukun di Rumah/2
Alokasi Waktu            : 1x pertemuan (5x35 menit)

A.    KOMPETENSI  INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan prilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab , santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya  dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berahlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
     Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1    Menerima Anugrah tuhan yang maha esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar dietngah keberagaman bahasa daerah.
2.5 memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapn tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui kemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3   Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masingmasing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

          PPKn
          Kompetensi Dasar:
1.2    Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah tuhan ang maha esa di  lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan gutu sebagai perwujudan moral pancasila.
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
          Indikator:
3.3.2  Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
4.3.2  Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1    Menerima daan menjalankan ajaran agama yang di anutnya.
2.1 Menunjukan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan bilangan yang kurang dari 100
Indikator:
3.1.2   Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3   Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8   Membilang loncat.
4.1.1   Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2   Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.


RPP KTSP kelas 2


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
2.      Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
3.      Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
4.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
5.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangansederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
6.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
7.      Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
8.      Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
9.      Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
11.  Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.Buku Guru Kelas 2 SD/MI16
12.  Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
2.      Membaca lambang bilangan  yang kurang dari seratus
3.      Membilang loncat sampai bilangan 500
4.      Mengelomkpokkan berbagai kegiatan  berdasarkan peran setiap anggota keluarga
5.      Mencatat peran setiap anggota keluarga
6.      Menulis teks buku harian
7.      Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis

E.     METODA DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.      Metode          :  Penugasan, Ceramah, Tanya jawab,
2.      Pendekatan    : saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasian)
F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-          Gambar operasi hitung menggunakan  kubus satuan
-          Tabel cara membaca cara lambang bilangan
-          Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan
-          Gambar kegiatan udin dan mutiara yang saling membantu
2.      Alat : laptop
 proyektor
3.      Sumber Belajar : Buku guru kelas II tema 1 “Hidup Rukun”

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.     Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinannya masing-masing
2.     Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.     Guru memberikan  motivasi pada siwa dengan menunjukkan gambar Udin dan Mutiara
4.     Tanya jawab tentang gambar Udin dan Mutiara
5.     Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur“
6.     Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan “Hidup Rukun “ Hidup Rukun di Rumah.
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati)
2.      Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah di baca (mengkomunikasikan)
3.      Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluaraganya(mengkomunikasikan)
4.      Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati)
5.      Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengkomunikasikan)
6.      Siswa mengamati contoh  dan tabel cara membaca lambang bilangan(mengamati)
7.      Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel (mengamati)
8.      Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengkomunikasikan)
9.      Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati)
10.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya)
11.  Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar(mengamati)
12.  Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar)
13.  Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati)
14.  Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar)
15.  Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti( menanya)
16.  Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati)
17.  Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan )
18.  Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati)
19.  Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar)
20.  Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar)
21.  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba)
22.  Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan)
23.  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar)
24.  Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati)
25.  Siswa menyimpulakan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan)
150 Menit





Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan  masing-masing.
15 menit

H.    PENILAIAN
1.      Tekhnik penilaian
a.       Penilaian sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri , peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.      Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan   : Unjuk kerja
2.      PenilaianProses dan Hasil Belajar
a.       PenilaianSikap
No
Nama siswa
Perubahan tingkah laku
Percaya diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM





























































Kriteria
Deskripsi
Kemampuan siswa dalam sikap
1. Percaya diri
2. Teliti
3. Santun


b.      PenilaianPengetahuan
Isilah titik-titik dibawah ini!
1.      239 ditulis  . . . . . . . . . . . .. .
2.      471 ditulis  . . . . . . . . . . . .
3.      Udin gemar membaca cerita  . . . .
4.      Mutiara gemar membaca cerita
5.      tiga  ratus empat puluh lima = . . . .
Kunci Jawaban:
1.      Dua ratus tiga puluh sembilan
2.      Empat ratus tujuh puluh satu
3.      Cerita hewan
4.      Cerita rakyat
5.      345
Tes tertulis : skor
Jumlah soal : 3 buah
Skor tiap jawaban : 1
Kunci jawaban ; disesuaikan dengan teks buku harian

Pengskoran =  x 100
c.       PenilaianKeterampilan
a.       Membaca lambang bilangan
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan membaca lambang bilangan
Membaca dengan tepat dan lancar
Membaca dengan tepat, tetapi kurang lancar
Pembaca kurang tepat
Belum mampu
membaca
2
Volume suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas

Kriteria
Deskripsi
Kemampuan siswa dalam  membaca lambang bilangan dengan criteria
1. Kemampuan membaca lambang bilangan
2. Volume suara


b.      Menulis teks buku harian
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam pengguanaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
Semua isi teks yang di tulis sesuai judul atau tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema
Semua isi teks belum sesuai
3
Pengguanaan kalimat yang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Semua kalimat menggunakan yang belum efektif

Kriteria
Deskripsi
Kemampuan  siswa dalam  menulis teks buku harian  dengan criteria
1.Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
2.Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
3.Pengguanaan kalimat yang efektif


c.       Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku harian
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan membaca teks
siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lancar
Siswa mampu membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
Siswa kurang mampu membaca
Siswa belum mampu membaca teks
2
Volume suara
volume suara keras dan  jelas
volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas
3
Kemampuan menyimpulkan
Simpulan singkat dan mewakili isi teks
Simpulan agak panjang dan mewakili
Simpulan kurang mewakili isi teks
Simpulan tidak mewakili isi teks

Kriteria
Deskripsi
Mengukur kemampuan siswa dengan kriteria :
1.    Kemampuan membaca teks
2.    Volume suara
3.    Kemampuan menyimpulkan


Mengetahui
Kepala Sekolah



........................................................
Garut, Agustus 2014
Guru Kelas II



.................................................

Comments

Popular posts from this blog

Persalinan kala I, kala II, kala III, dan kala IV

Imunisasi Hepatitis B dan Imunisasi DPT

Biang Keringat dan Radang Tenggorokan