RPP KTSP kelas 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : ..................................................
Kelas
/semester : II/I
Tema/Subtema/PB : 1. Hidup Rukun/1.Hidup Rukun di Rumah/2
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan (5x35
menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab , santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima Anugrah tuhan yang maha esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar dietngah keberagaman bahasa daerah.
2.5 memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapn tentang hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga melalui kemanfaatan bahasa Indonesia dan atau
bahasa daerah.
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku
harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masingmasing anggota
keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang
telah ditulis.
PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah tuhan ang maha esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan gutu sebagai perwujudan moral pancasila.
3.3 Memahami
makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
3.3.2 Menyebutkkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
4.3.2 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan
anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima daan menjalankan ajaran agama yang di
anutnya.
2.1 Menunjukan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah
dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan bilangan yang kurang dari 100
Indikator:
3.1.2 Menyebutkan
banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca
lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang
loncat.
4.1.1 Menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa
dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
dengan percaya diri.
2.
Dengan mengamati gambar operasi hitung
menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar
yang diamati dengan teliti.
3.
Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca
lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan
teliti.
4.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang
loncat dengan teliti.
5.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
menentukan pola-pola bilangansederhana menggunakan bilangan kurang dari 100
dengan teliti.
6.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
dengan teliti.
7.
Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita
tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga
yang berbeda kegemaran/hobi dengan
bahasa santun dan percaya diri.
8.
Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang
kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
9.
Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam
keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan
teliti.
10. Dengan bimbingan guru,
siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
11. Dengan menggunakan teks
buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan
keluarga dengan teliti dan percaya diri.Buku Guru Kelas 2 SD/MI16
12. Dengan menjawab
pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa
dapat menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.
D.
Materi Pembelajaran
1. Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan kegemaran/hobi
2. Membaca lambang bilangan yang kurang dari seratus
3. Membilang loncat sampai bilangan 500
4. Mengelomkpokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran setiap anggota keluarga
5. Mencatat peran setiap anggota keluarga
6. Menulis teks buku harian
7. Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah
ditulis
E.
METODA DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Metode : Penugasan,
Ceramah, Tanya jawab,
2. Pendekatan : saintifik (mengamati, menanya, mencoba,
menalar dan mengkomunikasian)
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-
Gambar
operasi hitung menggunakan kubus satuan
-
Tabel
cara membaca cara lambang bilangan
-
Gambar
sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan
-
Gambar
kegiatan udin dan mutiara yang saling membantu
2. Alat : laptop
proyektor
3. Sumber Belajar : Buku guru kelas II tema 1
“Hidup Rukun”
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinannya masing-masing
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Guru
memberikan motivasi pada siwa dengan
menunjukkan gambar Udin dan Mutiara
4. Tanya
jawab tentang gambar Udin dan Mutiara
5. Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur“
6. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan “Hidup Rukun “ Hidup Rukun di Rumah.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
membaca teks tentang kegemaran (mengamati)
2. Siswa
menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah di baca
(mengkomunikasikan)
3. Siswa
menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluaraganya(mengkomunikasikan)
4. Siswa
mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan
(mengamati)
5. Siswa
menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengkomunikasikan)
6. Siswa
mengamati contoh dan tabel cara
membaca lambang bilangan(mengamati)
7. Siswa
membaca lambang bilangan berdasarkan tabel (mengamati)
8. Siswa
membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru
(mengkomunikasikan)
9. Siswa
mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan
(mengamati)
10. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya)
11. Siswa
mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar(mengamati)
12. Siswa
menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar)
13. Siswa
dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati)
14. Siswa
berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar)
15. Siswa
diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota
keluarganya yang lain dengan teliti( menanya)
16. Siswa
membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati)
17. Siswa
bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang
berbeda kegemaran (mengomunikasikan )
18. Siswa
mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati)
19. Siswa
mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga (menalar)
20. Siswa
mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar)
21. Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba)
22. Siswa
membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti
(mengomunikasikan)
23. Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang
telah ditulis (menalar)
24. Siswa
mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati)
25. Siswa
menyimpulakan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan)
|
150 Menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
4. Mengajak
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1. Tekhnik
penilaian
a. Penilaian
sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri , peduli terhadap lingkungan dan budaya
sekitar.
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk kerja
2.
PenilaianProses dan Hasil Belajar
a.
PenilaianSikap
No
|
Nama siswa
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||||
Percaya diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
Kriteria
|
Deskripsi
|
Kemampuan siswa dalam sikap
1. Percaya diri
2. Teliti
3. Santun
|
b.
PenilaianPengetahuan
Isilah
titik-titik dibawah ini!
1.
239 ditulis . . . . . . . . . . . .. .
2.
471 ditulis . . . . . . . . . . . .
3.
Udin
gemar membaca cerita . . . .
4.
Mutiara gemar membaca cerita
5.
tiga ratus empat puluh lima = . . . .
Kunci Jawaban:
1.
Dua ratus tiga puluh sembilan
2.
Empat ratus tujuh puluh satu
3.
Cerita
hewan
4.
Cerita
rakyat
5.
345
Tes tertulis : skor
Jumlah soal : 3 buah
Skor tiap jawaban : 1
Kunci jawaban ; disesuaikan dengan teks buku harian
Pengskoran =
x 100
c.
PenilaianKeterampilan
a.
Membaca
lambang bilangan
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca lambang bilangan
|
Membaca dengan
tepat dan lancar
|
Membaca dengan
tepat, tetapi kurang lancar
|
Pembaca kurang
tepat
|
Belum mampu
membaca
|
2
|
Volume suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara
jelas
|
Volume suara
kurang jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak jelas
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Kemampuan
siswa dalam membaca lambang bilangan
dengan criteria
1. Kemampuan
membaca lambang bilangan
2. Volume
suara
|
b.
Menulis
teks buku harian
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam pengguanaan huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
|
2
|
Kesesuaian isi
teks yang ditulis dengan tema buku harian
|
Semua isi teks
yang di tulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi teks sesuai judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi teks sesuai judul atau tema
|
Semua isi teks
belum sesuai
|
3
|
Pengguanaan
kalimat yang efektif
|
Semua kalimat
menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2
kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
|
Semua kalimat
menggunakan yang belum efektif
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Kemampuan siswa dalam
menulis teks buku harian dengan
criteria
1.Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
2.Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
3.Pengguanaan kalimat yang efektif
|
c.
Membaca
dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
membaca teks
|
siswa mampu
membaca keseluruhan teks dengan lancar
|
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
|
Siswa kurang
mampu membaca
|
Siswa belum
mampu membaca teks
|
2
|
Volume suara
|
volume suara
keras dan jelas
|
volume suara
jelas
|
Volume suara
kurang jelas
|
Suara sangat
pelan dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan
menyimpulkan
|
Simpulan
singkat dan mewakili isi teks
|
Simpulan agak
panjang dan mewakili
|
Simpulan
kurang mewakili isi teks
|
Simpulan tidak
mewakili isi teks
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Mengukur
kemampuan siswa dengan kriteria :
1. Kemampuan membaca teks
2. Volume suara
3. Kemampuan menyimpulkan
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
........................................................
|
Garut, Agustus
2014
Guru Kelas II
.................................................
|
Comments
Post a Comment